PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF ABUDDIN NATA DAN SUTRISNO
Abstract
Tujuan pendidikan adalah membentuk manusia yang baik dalam seluruh aspeknya, namun yang terpenting dari sebuah pendidikan adalah menjadikan anak didik sebagai Mahluk Tuhan yang senantiasa menjadikan Islam sebagai batu pijak dari setiap kegiatan. oleh karena itu, proses belajar mengajar memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan dalam pendidikan. Penelitian ini difokuskan pada: 1. Pendidikan Islam menurut Abuddin Nata 2. Pendidikan Islam menurut Sutrisno dengan alasan dari kedua tokoh tersebut memiliki latar pendidikan yang cukup bertolak belakang, Abuddin Nata yang merupakan alumni dari Pondok Pesantren yang berada di Bogor dan Banten sedangkan Sutrisno merupakan guru besar Tarbiyah dan Keguruan. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan studi pustaka non interaktif. Penelitian ini juga disebut penelitian analitis, peneliti akan mengidentifikasi, menganalisis data, lalu memberikan interpretasi terhadap konsep, kebijakan, dan peristiwa yang dapat diamati karena dalam penelitian ini peneliti menghimpun data berupa dokumen. Metode merupakan upaya agar penelitian tidak diragukan bobot kualitasnya dan dapat dipertanggung jawabkan validalitasnya secara ilmiah. Untuk itu dalam bagian ini dapat memberi tempat khusus tentang pendekatan dan jenis penelitian, sember data dan koleksi analisis data. Dalam analisi data peneliti menggunakan unsur metodis yang didasarkan pada penelitian pustaka, yaitu deskripsi yang merupakan cara menggambarkan suatu keadaan tanpa adanya perlakuan terhadap objek yang diteliti. Pendidikan Islam dalam pandangan Abuddin Nata ialah, dasar pendidikan Islam memberikan nilai keimanan dan akhlak bagi kegiatan pendidikan. Sedangkan tujuan akhir dari pendidikan Islam terletak pada terlaksananya pengabdian yang penuh kepada Allah, baik pada tingkat perorangan, kelompok, maupun kemanusiaan. Dalam pandangan Sutrisno Pendidikan Islam ialah usaha secara sadar dalam memberikan bimbingan kepada anak didik untuk berperilaku sesuai dengan ajaran Islam dan memberikan pelajaran dengan materi-materi tentang pengetahuan Islam. Dengan tujuan akhir untuk mengabdi kepada Allah, menjadi khalifah Allah di bumi, mencari ridha Allah, dan meraih kebahagiaan di dunia maupun di akhirat
References
Muhaimin. Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Di Sekolah, Madrasah, Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajagrafindo persada, 2012.
Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Sutrisno, dan Muhyidin Albarobis. Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Yasin, A. Fatah. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN-Malang, 2008.
Refbacks
- There are currently no refbacks.